Cacar Air

Cacar air atau Varicella simplex adalah suatu penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi virus varicella zoster. Penyakit ini dapat menular dengan cepat, timbul secara tiba-tiba dan paling sering terjadi pada anak-anak, tetapi bisa juga menyerang orang dewasa. Penyakit cacar air ini disebarkan secara aerogen. Penyakit ini muncul dengan mudah pada penderita dengan saya tubuh yang kurang baik. infeksi ketika hamil dapat menghilangkan kecacatan janin, parut kulit dan masalah lain pada bayi.

cacar air

cacar air

 Penyebab Cacar Air

Cacar air disebabkan oleh virus varicella-zoster yang ditularkan melalui percikan ludah penderita yang sedang mengalami sakit cacar atau bisa juga kontak langsung dengan cairan lepuhan dari penderita atau secara tidak langsung melalui benda-benda yang terkontaminasi oleh cairan lepuhan penderita cacar.
Cacar air merupakan infeksi virus pada umunya yang dapat muncul kembali kelak sebagai ruam syaraf. Penyakit cacar ini juga dapat menyerang seseorang jika sistem kekebalan tubuh seseorang itu lemah, penerapan pola hidup yang tidak sehat, hidup dalam lingkungan yang tidak bersih dan tidak sehat, atau yang lebih sering terjadi adalah penularan dari orang lain yang mengalami gejala penyakit cacar air.

Pencegahan Penyakit Cacar Air

Vaksin dianjurkan untuk semua bayi dan orang dewasa yang tidak punya imunitas. Penderita dapat menularkan penyakit dari satu atau dua hari sebelum ruam timbul, yaitu ketika fase hidung beringus sampai dengan lima hari setelah itu, ketika lepuh telah membentuk kulit keras dan keropeng.
Infeksi ini akan mengakibatkan tanggapan imun dan orang jarang menderita cacar air dua kali. Untuk itu pencegahan dari penyakit ini sangat diperlukan untuk semua masyarakat. Imunisasi telah tersedia bagi anak-anak yang berusia lebih dari 12 bulan. Imunisasi yang diberikan juga dianjurkan untuk orang di atas usia 12 tahun yang tidak memiliki kekebalan tubuh atau mereka yang belum terkena penyakit ini. Sebab orang dewasa yang terkena penyakit ini akan lebih parah lagi dan bahkan kadang-kadang dapat pingsan. Vaksinasi ulang sangat disarankan untuk anda yang sudah menginjak usia di atas 50 tahun.

Tanda-tanda Cacar Air

Berikut beberapa tanda yang mungkin akan terlihat jika seseorang mengalami penyakit cacar :

  • Timbulnya bintik-bintik merah yang muncul pada kulit dan akan menyebar ke seluruh tubuh penderita yang mengalaminya.
  • Setelah beberapa hari bintik merah pada kulit yang muncul pada kulit akan mulai timbul dan akan lebih banyak serta timbulnya gelembung yang berisi air di dalamnya.
  • Setelah gelembung yang berisi air tersebut biasanya mada indukasinya sekitar 2 hingga 3 minggu.
  • Tubuh penderita akan merasakan demam
  • Rasa gatal yang membuat penderita akan menggaruk dan mengakibatkan parut.
  • Gejala cacar air lainnya yang muncul seperti rasa nyeri di pergelangan sendi, sakit kepala, sakit perut, nefsu makan yang berkurang, rasa lelah dan tidak nyaman.
  • Sebelum bintik merah pada kulit penderita timbul, biasanya penderita cacar air ini akan mengalami batuk ringan serta hidung yang berair.
  • Jika daya tahan tubuh pada penderita cacar ini kuat maka cacar yang timbul pada tubuhnya akan lebih sedikit dan serta cepat untuk mengering.

Penanganan Penyakit Cacar Air

Pada penderita penyakit cacar, ada baiknya segera pergi ke dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut, dan dokter yang merawat anda biasanya akan memberikan obat penurun panas, vitamin tambahan untuk daya tahan tubuh, obat atau salep untuk anti virus cacar air seperti asiklovir. Penanganan selanjutnya dapat anda lakukan dirumah sebagai penanganan tambahan seperti :

  • Bersihkan lentingan merah yang sudah pecah.
  • Mandilah secara teratur seperti biasanya sewaktu anda sehat dan tambahkan dengan sabun antisptik.
  • Gunting kuku yang panjang untuk menghindari menggaruk kulit yang gatal dengan kuku penderita karena kuman yang ada di dalam kuku akan mengakibatkan bekas pada lentingan di kulit anda.
  • Hindari penggunaan bedak tabur jika gelembung pecah karena akan membuat perluasan penyebaran cacar air pada kulit penderita, namun gunakan salep seperti Asiklovir yang mungkin sudah anda dapatkan dari dokter.
  • Supaya rasa gatal yang anda rasakan bisa berkurang, anda dapat menggunakan lotion yang mengandung fenol atau mentol. Atau dapat juga mengopres dingin pada kulit untuk mengurangi rasa gatal.
  • Gunakan alkohol dan kapas untuk membersihkan bekas gelembung pada kulit anda yang sudah pecah.
  • Anda dapat menggunakan obat tetes mata untuk menghindari mata anda dari infeksi akibat pecahan dari cacar air yang anda derita.
  • Perbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi yang tinggi seperti buah-buahan misalnya jeruk, apel, pear, jambu biji, dll.
  • Konsumsi tablet vitamin C untuk membantu kebutuhan vitamin dalam tubuh anda dan perbanyak minum air putih.

 Pengobatan Cacar Air dengan Obat Tradisional

Bahan-bahan yang diperlukan :

  • 30 gram temulawak.
  • 25 gram kencur.
  • 15 gram jahe.
  • 15 gram asam jawa.
  • 600 cc air

Cara pembuatan ramuan untuk cacar air : Potong-potong semua bahan yang sudah disediakan kemudian cuci hingga bersih. Rebus dengan 600 cc air bersih dan tunggu hingga mendidih. Biarkan air tetap mendidih dan tersisa 300 cc. Setelah matang saring ramuan tersebut dan konsumsi 2 hingga 3 kali dalam sehari.

Cacar Air


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengobati Cacar Air, Cacar Api, Cacar Ular dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Cacar and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *