Cara Mengobati Cacar Dengan Alami

Cara Mengobati Cacar Dengan Alami salah satunya adalah dengan menjaga kebersihan tubuh. Mungkin diantara kita sudah pernah terserang penyakit cacar. Penyakit cacar merupakan salah satu jenis penyakit yang ditandai dengan munculnya bintil merah berair yang muncul dibagian tubuh. Rasanya mungkin agak gatal dan membuat kita menjadi lebih sering menggaruknya. Padahal menggaruk lesi cacar ini malah akan membuat kondisi cacar menjadi lebih parah.

Gejala Penyakit Cacar

Cara Mengobati Penyakit Cacar

Cara Mengobati Penyakit Cacar

Gejala penyakit cacar biasanya ditandai dengan demam selama 3 hari, kemudian muncul bintil kemerahan yang kemudian lama kelamaan akan berubah menjadi seperti gelembung yang isinya cairan bening seperti cairan mata, rasa gatal pada lesi, dan kadang pada kasus yang berat juga disertai dengan batuk dan pilek.

Cara Mengobati Cacar Dengan Alami

Cara mengobati cacar dengan bahan dan pengolahan yang alami bisa anda lakukan dengan ramuan bahan yang berasal dari bahan herbal seperti dibawah ini :

Resep 1. Cara Mengobati Cacar Dengan Alami

Bahan-bahan yang diperlukan : 1 sdm jintan, sebuah dlingo, setengah bangle, 1 buah pinang muda, 3 helai daun sirih, dan 1 temu sore.

Cara membuat : cuci hingga bersih semua bahan, lalu lumatkan semua bahan-bahan diatas, kemudian diperas. Setelah itu ambil airnya dan diminumkan sehari-hari, setiap kali minum 1 sendok makan.

Resep 2. Cara Mengobati Cacar Dengan Alami

Bahan-bahan yang diperlukan : 25gram temulawak, 15gram asam jawa, 15gram kencur, dan 600cc air bersih.

Cara membuat : Cuci dan potong kecil-kecil semua bahan-bahan yang tadi sudah disediakan. Kemudian rebus dalah 600 cc air bersih hingga mendidih dan sampai air berkurang setengahnya. Setelah itu air rebusan tadi bisa anda minum 2-3 kali sehari sampai penyakit cacar anda membaik dan sembuh.

Resep 3. Cara Mengobati Cacar Dengan Alami

Bahan-bahan yang diperlukan : Jagung muda yang sudah dibuang rambutnya hingga bersih.

Cara membuat : cuci hingga bersih jagung muda yang sudah anda sediakan dan diparut. Setelah semua jangung diparut kemudian oleskan pada kulit tubuh yang terkena cacar. Ramuan dari jagung muda ini dapat dipakai saat cacar masih menjangkit tubuh penderita dan dilanjutkan pada masa penyembuhan dan proses menghilangkan bekas cacar pada tubuh penderita.

Resep 4. Cara Mengobati Cacar Dengan Alami

Bahan-bahan yang diperlukan : Daun Pegagan dan madu secukupnya

Cara membuat : Ambil daun pegagan yang sudah anda sediakan secukupnya saja dan cuci hingga bersih. Kemudian dibuat jus dan dicampurkan dengan madu sesuai selera anda agar rasa lebih enak. Daun pegagan ini akan dapat membantu proses peremajaan kulit dari dalam akibat dari penyakit cacar yang di derita.

Jika Anda terserang penyakit cacar air, maka pasti pada kulit Anda akan terdapat bintik-bintik yang berwarna hitam pada kulit, serta mungkin saja menjadi berlubang juga.

Cara mengobati cacar dengan alami khususnya untuk bekas cacar yang sudah berlubang adalah dengan kulit telur. Caranya adalah dengan menghilangkan selaput putih yang melekat pada kulit dibagian dalam kulit telur yang sudah dicuci bersih, kemudian tumbuklah hingga halus. Kemudian bubuhkanlah tepung tersebut di bagian kulit yang ada fleknya, menggunakannya seperti menggunakan bedak angin. Lakukanlah hal ini dengan teratur.

Cara mengobati cacar dengan alami lainnya yang dapat anda gunakan adalah dengan menggunakan bahan daun asam 1 genggam, empu kunyit 1 potong. Cara membuat adalah daun asam dan juga empu kunyit dicuci terlebih dahulu sampai bersih, kemudian ditumbuk hingga halus sampai menjadi adonan. Ramuan ini harus dioleskan pada bagian tubuh yang gatal sampai gatal menjadi hilang. Kunyit ini selain untuk mengobati penyakit cacar juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit maag.

Penanganan pada Penderita Penyakit Cacar

Berikut ini beberapa cara atau tindakan yang dapat anda lakukan untuk penderita penyakit cacar antara lain :

  • Segera ke dokter untuk memastikan bahwa penderita benar menderita cacar air atau bukan.
  • jaga kualitas dan kuantitas makanan yang akan anda berikan pada penderita penyakit cacar. Beri makanan yang tinggi kalori dan protein, juga makanan sumber vitamin dan mineral.
  • Istirahat yang cukup. Jangan biarkan penderita pergi untuk keluar rumah selagi bintil cacar air masih dan akan terus timbul.
  • Perhatikan kondisi dan suhu tubuh dari penderita penyakit cacar setiap hari. Bila perlu, penderita diberi obat penurun panas membantu untuk meredakan demam yang dialaminya.

Pencegahan Penyakit Cacar Air

Untuk mencegah kemungkinan terkena atau tertular penyakit cacar air, dapat dilakukan dengan memberikan vaksinasi. Kalaupun terkena penyakit cacar air setelah vaksinasi, biasanya cacar yang diderita tidak sampai parah.

Vaksinasi yang dilakukan sebaiknya diberikan pada waktu anak masih berusia satu tahun ke atas, karena pada usia ini bayi sudah tak lagi memiliki kekebalan tubuh dari ibunya. Daya lindung vaksin yang diberikan pada anak ini bisa mencapai 97%, dan dapat diulang kembali untuk memberikan vaksinasi saat anak berumur 5 tahun.

Imunisasi untuk penyakit cacar juga tersedia bagi anak-anak yang berusia lebih dari 12 bulan. Orang dewasa yang terserang penyakit cacar air ini biasanya akan lebih parah dan terkadang dapat pingsan. Bagi anda yang sudah berusia di atas 50 tahun ada baiknya anda melakukan vaksinasi ulang untuk mengurangi resiko terserang penyakit cacar untuk yang kedua kalinya.

Cara Mengobati Cacar Dengan Alami


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengobati Cacar Air, Cacar Api, Cacar Ular dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Cacar and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *