Jenis Jenis Penyakit Cacar

Penyakit cacar yang diakibatkan oleh adanya virus dan bakteri virus poks (pox virus). Penyakit cacar ini merupakan penyakit lama yang umumnya banyak menyerang bayi, anak-anak, dewasa bahkan usia lanjut. dari banyaknya kasus, umumnya penyakit cacar ini hanya menyerang bayi atau balita.

Mereka yang menderita penyakit cacar akan mengalai gejala seperti demam, rasa tidak enak pada tubuh, kemudian perlahan timbul bintik-bintik merah yang bergelembung dan lama-kelamaan gelembung atau tonjolan bintik merah tersebut mengandung air dan nanah yang dipenuhi oleh bakteri, tibul rasa gatal ingin menggaruk. Cacar dapat tumbuh di sekitara wajah, tangan, kaki, punggung hingga dada.

Penyakit cacar memiliki beberapa jenis yakni :

1. Penyakit cacar air

Penyakit cacar air ini disebabkan oleh adanya virus yang bernama varicella zoster atau chicken pox. Penyakit cacar air tidak serta merta menyebarkan virusnya namun berjalan secara perlahan mulai dari timbulnya bintil-bintil merah kecil, kemudian setelah beberapa hari bintil merah ini baru akan mulai menyebar ke bagian tubuh lainnya melalui aliran darah dalam tubuh. Namun penyakit cacar air tidak berbahyaya seperti penyakit cacar jenis lainnya. Gejala dari penyakit cacar air ini sama dengan penyakit cacar lain pada umumnya yakni disertai dengan demam.

2. Penyakit Cacar ular

Penyakit cacar ular timbul akibat virus herpes zoster, merupakan reaksi dari penyakit cacar air sebelumnya. Virus dari penyakit cacar air tidak dapat dimusnahkan dengan obat apapun. Namun virus cacar air ini akan tersimpan dalam ganglion atau sistem saraf tubuh bagian dalam lewat aliran darah. Penyakit cacar ular ini juga dapat menimpa orang dewasa. Umumnya penyakit cacar ular ini timbul pada bagian punggung belakang bagian samping kemudian menjalar ke bagian depan dada seperti sisik ular.

Herpes zoster penyebab cacar ular

Penyakit cacar ular ini sebenarnya juga tidak dapat terjadi, namun bila terjadi akibat penurunan daya tahan tubuh atau pengoptimalan sistem kekebalan tubuh yang berfungsi baik secara menyeluruh yang pada akhirnya virus ini akan bekembang dengan baik.

Cacar ular muncul dengan gejala yang sama dengan cacar air. Namun bintil merah pada cacar ular cenderung lebih besar dibanding dengan cacar air dan bila digaruk akan semakin memperlebar dan kemudian meninggalkan bekas luka di atas permukaan kulit, ketika kulit terkelupas maka bagian bawah kulit akan tampak seperti luka atau infeksi.

3. Cacar api atau cacar monyet

Cacar api memang jarang sekali ditemukan dan bahkan hanya 5-10 % penderita cacar api yang ditemukan. cacar api atau yang disebut sebagai impetigo bulosa yang disebabkan adanya bakteri yang bernama Staphylococcus aureus.

Cacar api tampak seperti gelembung yang mengandung air dan nanah seperti terkena sundutan rokok. Bedanya cacar api atau cacar monyet dengan jenis cacar lainnya adalah penyebaran bakteri yang sangat cepat dan gelembung cacar yang berwarna kekuningan dan mudah sekali pecah, dan tumbuh kembali di area yang sama atau lainnya dalam jumlah yang lebih banyak. Umumnya pertama kai tumbuh pada bagian ketiak, dada dan punggung. Pada beberapa penderita cacar ular tumbuh disertai oleh biang keringat.


=====================================

>>> Obat Cacar Air Membantu Mengobati Penyakit Cacar Air, Mengatasi Virus Cacar dan Menguatkan Kekebalan Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Cacar and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>