Penanganan Cacar Air

Penanganan Cacar Air yang dapat dilakukan salah satunya adalah membawa penderita penyakit cacar ke dokter. Jika mengalami penyakit cacar air maka penderita harus menjauhkan diri dari orang lain sampai sekurang-kurangnya lima hari setelah ruam timbul dan semua lepuh telah kering.
Penderita cacar air harus menutup hidung dan mulutnya sewaktu batuk atau bersin dengan sapu tangan atau masker, membuang tisu ketempat sampah, mencuci tangan dengan baik dan bersih, dan tidak menggunakan alat makan, makanan atau cangkir bersama-sama dengan orang lain.

Penanganan Cacar Air

Penyakit Cacar air ini sebenarnya dapat sembuh dengan sendirinya, tetapi tidak menutup kemungkinan adanya serangan berulang saat mengalami penurunan daya tahan tubuh.
Penanganan Cacar Air dapat diberikan asiklovir berupa tablet 800 mg selama 7-10 haridan salep yang mengandung asiklovir 5% dioleskan tipis dipermukaan yang terinfeksi 6 kali sehari selama 6 hari.

Setelah masa penyembuhan dilanjutkan dengan perawatan bekas luka yang ditimbulkan dengan banyak minum air mineral untuk menetralisir ginjal karena mengkonsumsi obat. Vitamin E untuk kelembaban kulit . Penggunaan lotion yang mengandung pelembab ekstra saat luka sudah benar-benar sembuh diperlukan untuk menghindari iritasi lebih lanjut.

Konsumsi vitamin C plasebo ataupun yang langsung dar buah-buahan segar seperti jus tomat, jambu biji dan anggur juga dapat digunakan sebagai Penanganan Cacar Air.

Penyakit cacar air ini juga dapat dicegah dengan pemberian vaksin yang dianjurkan untuk semua anak pada usia 18 bulan dan anak-anak pada tahun pertama sekolah menengah.

Vaksin juga dianjurkan bagi orang yang berusia 14 tahun ke atas yang tidak mempunyai kekebalan. Vaksin dianjurkan khusunya bagi orang yang menghadapi resiko tinggi berkontak langsung dengan cacar air, misalnya petugas kesehatan, orang yang tinggal atau bekerja dengan anak kecil, atau wanita yang berencana hamil.

Diagnosis dilakukan dengan cara melihat ruam yang muncul pada kulit penderita dengan munculnya makula, papula, vesikel, dan keropeng. Upaya Penanganan Cacar Air yang dilakukan untuk pengobtaan bisa dilakukan dengan kompres dingin pada kulit yang terkena cacar agar rasa gatal berkurang dan mengurangi resiko untuk anda menggaruknya. Jika anda menggaruk ruam pada kulit tersebut akan menyebabkan infeksi pada kulit anda yana semakin parah.

Pencegahan Penyakit Cacar Air

Penanganan Cacar Air yang lainnya yang dapat dilakukan adalah dengan mencegah terjadinya infeksi bakteri serta komplikasi akibat cacar air yang diderita seperti :

  • Memotong kuku penderita yang panjang dan mengikir kuku yang tajam.
  • Menjaga kebersihan tangan dengan rajin mencuci tangan dengan sabun.
  • Sering mandi atau memcuci kulit dengan sabun anti kuman.
  • Memakai pakaian yang telah dicuci bersih dan kering serta nyaman untuk anda pakai.
  • Sering menggantu pakaian jika sudah dirasa kotor atau tidak nyaman di tubuh anda.

Jika anda mengalami penyakit cacar air ada baiknya anda menghindari makanan berikut yang merupakan jenis penanganan penyakit cacar :

  • semua produk susu yang mungkin akan dapat menyebabkan kondisi kulit berminyak sehingga problem pada kulit lainnya bisa muncul atau kondisi kulit anda akan menjadi semakin parah.
  • junk food ada baiknya dihindari karena tidak dapat mencukupi kebutuhan nutrisi anda dari pada akan menbuat perut anda menjadi mual dan tidak nyaman akan jauh lebih baik jika anda hindari.
  • Makanan pedas yang akan menbuat kulit anda menjadi semakin gatal dan juga membuat peradangan pada kulit anda menjadi semakin parah. Alhasil kulit anda tidak akan lekas kering dan akan memicu iritasi.
  • Makanan asin harus dihindari ketika sedang menderita penyakit cacar air karena rasa asin akan memicu munculnya rasa gatal yang berlebihan dan menciptakan bekas luka.

Manu sayuran seperti labu siam, dayam dan lain sebagainya dangat disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit cacar air karena jenis sayuran tersebut akan mampu membuat tubuh anda terasa lebih dingin sehingga dapat menjadi cara penanganan cacar air akibat dari infeksi virus cacar yang menyerang anda.

Penanganan cacar air juga dapat anda lakukan dengan cara tradisional.

Cara 1.

Ambillah 2 buah mengkudu yang sudah matang. Cuci mengkudu yang sudah anda pilih dan buat jus, atau dapat juga anda parut. Kemudian ambil airnya dan kemudian minum 2 kali sehari hingga penyakit cacar air anda membaik. Akan jauh lebih baik lagi jika anda menggkonsumsi ramuan ini hingga 3 kali sehari.

Cara 2. 

Cara pembuatan ramuan tersebut adalah dengan mengambil 30 gram temulawak, 25 gram kencur, 15 gram asam jawa, 1 5 gram jahe, dicuci hingga bersih dan dipotong-potong. Rabus semua bahan dengan menggunakan 600 cc air besih dan tunggu hingga airnya tersisa menjadi 300 cc. Setelah matang saring ramuan tersebut dan minum 2 sampai 3 kali dalam sehari.

Selain penggunaan obat tradisional dari dalam, anda juga dapat menggunakan obat tradisional dari luar untuk membantu penyembuhan penyakit cacar air pada diri anda.

Caranya tumbuh hingga halus beberapa ruas jari kunyit yang dicampur dengan daging buah asam dan ditambahkan dengan minyak kelapa secukupnya. Kemudian panaskan sebentar dengan sendok tau alat lainnya. Oleskan pada tubuh anda yang terkena cacar air saat ramuan sudah dingin sebagai obat cacar. Lakukan pengolesan dengan ramuan ini agar cacar air yang anda alami dapat segera mengering.

Penanganan Cacar Air


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengobati Cacar Air, Cacar Api, Cacar Ular dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Cacar and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *