Penyakit Cacar Ular

Penyakit cacar air (varisela) dan penyakit cacar ular (herpes zoster, shingles) adalah infeksi yang disebabkan oleh virus golongan herpes yang lain, yaitu virus varisela-zoster. Infeksi oleh virus varisela-zoster menyebabkan timbulnya vesikel-vesikel priritik yang mengandung air di kulit.  Cacar air adalah infeksi primer oleh virus tersebut. Cacar air sangat menular dan ditularkan dari orang ke orang melalui percikan (droplet) saluran napas. Cacar air biasanya merupakan penyakit anak-anak, tetapi orang dewasa yang baru pertama kali terkena virus ini dapat menderita penyakit tersebut. Virus varisela memiliki masa tunas 7-21 hari dan bersifat menular selama periode prodmoral yang singkat (sekitar 24 jam sebelum lesi muncul) sampai semua lesi menjadi krusta. Penyakit biasanya sembuh dengan sendiri dalam 7-14 hari.

Penyebab Penyakit Cacar Ular

Cacar ular biasanya biasanya timbul beberapa tahun setelah penderita mengalami infeksi dari penyakit cacar air. Penyakit cacar ular ini disebabkan oleh virus varisela yang berada laten di jaras saraf sensorik setelah pasien pulih dari cacar air. Apabila virus tersebut muncul kembali, maka disebut zoster. Herpes zoster biasanya timbul didermaton (regio kulit) yang dipersarafi oleh saraf yang terinfeksi. Penyakit ini biasanya dijumpai pada lansia atau pada orang dengan penurunan sistem imun yang disebabkan oleh penyakit atau stres. Herpes zoster tampaknya ditularkan melalui kontak langsung dengan lesi.

Adapun beberapa faktor yang menyebabkan reaktivasi dari virus akibat penyakit cacar air ini adalah :

  • Daya tahan tubuh yang mulai menurun atau biasanya yang sering terlihat pada orang tua.
  • Penyakit cancer
  • Orang yang sedang menjalani chemotherapy dan radiotherapy
  • dll.

Gejala Penyakit Cacar Ular

Gejala penyakit ini adalah mungkin timbul demam ringan dan malese 24 jam sebelum vesikel muncul. Ruam cacar air diawali dengan adanya makula kemerahan, biasanya pertama kali muncul di badan dan menyebar ke wajah serta ekstremitas. dalam beberapa jam, makula menjadi vesikel berisi cairan yang muncul di mulut, aksila, labium, dan vagina. Vesikel ini akhirnya berisi cairan yang pecah setelah beberapa hari dan meninggalkan krusta. Pada saat yang bersamaan dapat dijumpai banyak makula, vesikel, dan keropeng dalam berbagai stadium pembentukan danm krustasi.

penyakit Cacar yang satu ini biasanya terdapat di kulit secara unilateral (satu area tubuh) disepanjang dermatom yang terinfeksi. Tempat yang sering terinfeksi adalah wajah, leher, dan dada. Lesi dapat berukuran kecil atau besar dalam jumlah yang sedikit atau banyak. Cacar ular dapat sangat menyakitkan.

Penyakit cacar ular ini biasanya akan muncul di punggung, daerah dada. Di wajah mengikuti jalan saraf trigeminus. Dan dapat pula muncul di sekitar leher, punggung bawah bokong. Apabila anda mengalami hal tersebut ada baiknya anda mengunjungi dokter atau dokter kulit yang paling dekat dengan rumah anda. Dokter pada umumnya akan memberikan obat untuk penahan rasa sakit, obat penurun panas, obat anti virus berupa acyclovir dalam bentuk salep oral atau intrevena dan kortikosteroid.

Komplikasi Penyakit Cacar Ular

Komplikasi yang mungkin dan yang umum terjadi pada penderita cacar ular adalah rasa nyeri yang akan timbul setelah caar ular hilang. Dari sekian banyak kasus cacar ular yang muncul ada yang mengalami rasa nyeri tersebut selama 3 bulan yang muncul semenjak ruamnya hilang. Ada pula penderita yang mengalami rasa nyeri tersebut selama bertahun-tahun dan bahkan ada pula penderita yang mengalaminya sampai seumur hidupnya. Komplikasi dari penyakit cacar ular ini dapat menyerang saraf, kulit, mata dan organ tubuh lainnya. Apabila komplikasi yang terjadi menyerang mata maka pengelihatan akan menjadi terganggu karena mata yang keruh pascapenyakit yang menyerang anda.

Pengobatan Penyakit Cacar Ular

Cacar ular dapat diobati dengan menggunakan obat-obatan, termasuk menggunakan obat antivirus dan obat pereda rasa nyeri. Penggunaan obat anti virus sejak dini dapat membantu untuk lebih cepat penyembuhan ruam dan lebih sedikit rasa sakit. Jika anda mengira anda terkena cacar ular maka ada baiknya anda segera temui dokter anda. Perawatan yang baik di rumah juga dapat membantu anda untuk mempercepat kesembuhan anda seperti :

  1. Rawat semua kulit dan jaga agar luka tersebut tetap bersih.
  2. Jika anda merasa terganggu dengan rasa sakit yang anda rasakan, beri tahu dokter anda.
  3. Minum obat anda sesuai dengan aturan pakai yang sudah diberikan oleh dokter yang menangani penyakit cacar ular yang anda derita.

Selain dengan cara diatas anda juga dapat menggunakan daun jarak untuk membantu proses penyembuhan pada ruam anda. Caranya ambiol beberapa lembar daun jarak. Kemudian rebus dengan air sebanyak 1 panci. Aduk hingga daun jarak hancur dan lunak. Air rebusan dicampur dengan air yang akan anda gunakan untuk mandi hingga suhunya cukup hangat. Anda dapat menggunakan campuran tersebut untuk mandi sebanyak 2 kali sehari hingga ruam pada tubuh anda kering dan menghilang. Untuk membantu proses penyembuhan agar lebih cepat kering ada baiknya anda mandi dengan air jarak ini sebanyak 3 kali dalam sehari untuk obat cacar. Usahakan untuk menahan rasa sakit atau gatal yang mungkin akan muncul dari ruam pada tubuh anda dan jangan pernah berusaha untuk menggaruknya.

Penyakit Cacar Ular


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengobati Cacar Air, Cacar Api, Cacar Ular dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Cacar and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *