Penyebab Penyakit Cacar Air

Penyebab penyakit cacar air adalah virus Vericella atau disebut juga virus Vericella zostar (virus V-2). Virus ini dapat ditemukan dalam cairan vesikel, darah penderita, dan cairan selaput lendir. Penyakit cacar air yang menyerang anda  merupakan penyakit akut yang menular. Penyakit cacar ini memiliki gejala yang timbulnya berisi air (versikel) dipermukaan kulit dan selaput lendir. Penyakit cacar air  mudah menular, yaitu melalui percikan cairan ludah dan kontak langsung dengan cairan yang berisi virus tersebut. Penyakit ini dapat menyerang semua golongan umur. Biasanya dalam seumur hidup penyakit cacar air hanya diderita satu kali. Penyakit ini pada umumnya menyerang anak-anak. Lebih kurang 90% kasus cacar air terjadi sebelum usia 15 tahun. Dengan semakin bertambahnya usia pada remaja dan dewasa, gejala cacar air semakin bertambah besar.

Penyebab Penyakit Cacar Air

Penyebab penyakit cacar air ini adalah varisela zostar yang menjadi penyebab penyakit cacar yang sering terjadi di Indonesia, tidak hanya di Indonesua, penyakit ini juga menjangkit fi Australia dan menjadi perhatian serius dari pemerintah, karena setiap musim semi,  banyak anak-anak yang terserang penyakit ini di usia sekolah.

Penyakit cacar air pernah menjadi momok menakutkan. Tak hanya karena penyakit ini gampang menjalar, tapi juga mematikan. Sepuluh sampai dua puluh persen penderitanya meninggal dunia. Kalaupun masuh bisa bertahan hidup, biasanya wajah penderita akan bolong-bolong seperti parutan. Celakanya anak-anaklah yang sering menjadi korban keganasan penyakit ini.

Gejala Penyakit Cacar Air

Masa inkubasi dari penyakit cacar air ini adalah 11-12 hari. Gejala awal yang muncul adalah panas, lemah, malas, tidak nafsu makan, dan kadang-kadang disertai kemerahan pada kulit seperti biang keringat. Gejala selanjutnya adalah munculnya bintik merah kecil yang berubah menjadi benjolan berisi cairan jernih dan mempunyai dasar kemerahan. Cairan vesikal  setelah beberapa hari berubah menjadi keruh. Pada hari ke-3 atau ke-4, vesikel ini menyebar ke seluruh tubuh hingga menimbulkan rasa gatal. Cairan ini dapat dicegah dengan pemberian vaksin sehingga mennimbulkan kekebalan sekitar 2 minggu smetelah vaksinasi. Baksin cacar air dibuat dari virus varisela strain oka yang dilemahkan.  Vaksin ini pertama kali dikembangkan oleh Prof. Takahashi di jepang pada tahun 1971. Vaksin inilah yang merupakan vaksinvarisela pertama di dunia dan menjadi cikal bakal vaksin-vaksin varisela lainnya.  Cara mengobati penyakit ini adalah membunuh semua penyebab penyakit cacar air ini.

Pengobatan Untuk Penderita Penyakit Cacar Air

Untuk mengobati penyakiit cacar air ini dapat dilakukan dengan ramuaqn yang  terbuat dari macam-macam bahan herbal, antara lain :

  1. Jika  cacar air telah membengkak (membesar) maka setiap pagi hari dan sore haru si penderita cacar harus disemprot dengan kunyahan bawang merah dan kunci yang juga menjadi obat untuk cacar air.
  2. Bangle, dinglo, bawang merah, daun sirih,jinten hitam, pinang muda dan air secukupnya. Bahan-bahan tersebut dicampur dan kemudian ditumbuk hingga halus. Setelah halus kemudian disaring untuk diminumkan pada orang yang menderita cacar air.
  3. Pengobatan lainnya untuk menangani penyebab penyakit cacar air adalah dengan menggunakan kacang hijau yang direndam dalam air hingga mengembang. Tumbuk kacang hijau hingga halus dan olehkan pada bagian kulit yang berdapat bekas cacar air.
  4. Menggunakan buah mengkudu untuk mengurangi penyebab penyakit cacar yang anda derita. Ambil buah mengkudu yang sudah matang atau yang sudah berubah berwarna kuning. Kemudian cuci bersih dan buat jus. Minumlah jus mengkudu tersebut secara rutin 2 hingga 3 kali sehari sebagai obat cacar yang anda gunakan.
  5. Atau dapat juga anda lakukan pengobatan dengan menggunakan air putih. Meminum air putih yang banyak sudah sangat diketahui oleh banyak orang mengenai sejuta khasiat dari air putih yang baik untuk tubuh kita namun air pusih yang dikonsumsi adalah air putih yang layak minum.

Pencegahan dari Penyakit Cacar

Pencegahan penyebab penyakit cacar air dapat anda lakukan dengan memberikan vaksinasi berupa vaksin varisela pada anak-anak bayi yang berumur antara 12 sampai 18 bulan. Sedangkan pada orang dewasa yang belum pernah mengalami penyakit cacar serta mempunyai gangguan pada sistem kekebalan tubuh, bisa minta diberikan immunoglobulin zoster atau immunoglobulin varicella zoster dari dokter pada rumah sakit sekitar.

Hal tersebut dilakukan karena dikhawatirkan akan terjadi hal buruk ketika terserang penyakit cacar air akibat komplikasi yang kemungkinan juga bisa mengakibatkan kematian. Apabila di sekitar lingkungan anda ada orang yang menderita penyakit cacar air, jika penderita bukan salah satu dari keluarga anda ada baiknya anda menjauh agar tidak tertular penyakit cacar air yang dideritanya. Jangan dekat-dekat maupun memegang benda-benda yang telah dipegang oleh penderita ketika sedang mengalami sakit cacar air.

Jika kita keluarganya ada baiknya penderita segera dirawat di rumah sakit agar virus tidak menyebar di dalam rumah maupun di tempat lainnya yang merupakan tempat penderita melakukan aktivitas sehari-hari. Jika kondisi dari penderita tidak memungkinkan maka bisa dirawat berobat jalan di rumah sesuai petunjuk dari dokter. Jangan lupa untuk membersihkan dan memisahkan segala benda-benda yang mungkin terkontaminiasi virus cacar air dari penderita yang menjadi salah satu Penyebab Penyakit Cacar Air.

Penyebab Penyakit Cacar Air


=====================================

>>> Obat Cacar Air Membantu Mengobati Penyakit Cacar Air, Mengatasi Virus Cacar dan Menguatkan Kekebalan Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Cacar and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>